Xperia Z1 Compact: LCD mati setelah terkena air

Saya mempunyai smartphone Sony Xperia Z1 Compact dan salah satu fiturnya adalah waterproof alias tahan air. Tapi saya sarankan jangan sekali-sekali iseng (seperti saya) untuk membuktikannya. Setelah saya cari tahu banyak sekali masalah setelah smartphone tersebut terkena/terendam air. Jadi smartphone ini tidak benar-benar waterproof seperti yang dipromosikan oleh pihak Sony.


Percobaan pertama: Pada saat pertama kali saya coba (merendam smartphone ke dalam air), tampak tidak ada masalah. Tapi begitu saya mencoba memakai kameranya ternyata ada titik hitam yang blur. Dan setelah saya cari tahu, kamera saya berembun akibat memasukannya ke dalam air ketika smartphone tersebut dalam keadaaan panas. Jadi ceritanya habis main game saya langsung rendam ke dalam air alhasil kameranya jadi berembun -_-‘

Solusi: Buka semua katup smartphone dan taruh ditempat yang sejuk dan cari ini sudah saya coba dan berhasil


Percobaan kedua: Setelah beberapa lama saya mencoba membersihkan smartphone saya dengan mengalirinya dengan air (ini tidak saya rendam yah…). Setelah itu tampak layarnya kemasukan air, seperti kertas terkena sebagian air.

Solusi: Sama dengan yang pertama, saya coba buka semua katupnya dan taruh ditempat yang sejuk. Dan dalam beberapa jam layar LCDnya kembali normal.


Setelah kejadian kedua harusnya saya kapok, tapi saya pikir yang kedua kali tidak terlalu bermasalah, jadi untuk yang ketiga kalinya saya melakukan hal yang sama, tapi kali ini hasilnya berbeda.

Setelah smartphone saya aliri dengan air nampak layar LCDnya basah, saat itu saya belum panik karena inikan sama dengan kejadian sebelumnya, bahkan saya mencoba bermain game. Tidak lama kemudian lampu di layar LCD mulai kedap-kedip seperti konslet. Oke….. saya jadi sedikit khawatir, lalu saya stop bermain game dan men-sleep-kan smartphone tersebut.

Beberapa jam kemudian saya mencoba melihat keadaan smartphone saya ini, ternyata tetap sama dan semakin lama lampu di layar semakin meredup saat saya coba pakai. Dan akhirnya layar LCD saya mati total. Kali ini saya benar-benar panik dan mencoba googling sana sini untuk mencari solusinya.

Jadi setelah saya telusuri cuma LCDnya saja yang mati, sementara mesin lainnya masih hidup. Saya tes dengar musik pakai earphone masih bisa. Oke jadi kesimpulannya yang bermasalah LCDnya saja.

Yang saya coba lakukan:

  1. Matikan handphone dengan menekan tombol button on/off dan tombol volume up (+) secara bersamaan selama 5-10 detik dan menghidupkannya kembali. Tapi tidak berhasil. Layar LCD tetap mati.
  2. Mereset. Jadi smartphone sony ada tombol untuk reset, letaknya dekat dengan sim card. Untuk detailnya bisa dilihat di sini, atau coba googling saja. Namun cara ini juga tidak berhasil.

Karena cara tersebut tidak berhasil saya mencoba mencari service handphone yang terlihat bonafide. Ada 3 tempat service yang saya message dan yang membalas cuma service center Sony. Karena balasannya cukup panjang jadi saya highlight info pentingnya saja:

“Untuk hal ini kami sarankan untuk dilakukan pengeringan terlebih dahulu dengan cara melepas SIM Card dan Micro SD kemudian di keringkan di ruang terbuka sampai benar-benar dalam kondisi kering dan tidak disarankan untuk pengeringan nya menggunakan Hair dryer atau alat pengering lainnya”

Jujur saja, saya malas membawa ke service center Sony karena info yang saya dapat servicenya lumayan lama, bisa sebulan lebih. Jadi sambil menunggu jawaban tempat service lainnya saya mengikuti saran dari Sony ini.

Pada hari ke 3 saya coba nyalakan kembali smartphone saya dan ternyata bisa nyala. Lampu LCDnya kedap-kedip dan kalau tidak salah muncul warning “repair” dan lampunya terlihat mau mati kembali. Setelah itu saya langsung matikan kembali. Dan menunggu supaya kering.

Setelah seminggu saya coba nyalakan kembaii dan kali ini lampunya tidak kedap-kedip lagi, namun masih terlihat air di dalam layar LCDnya. Fuih….. lega rasanya karena kalau tidak bisa nyala saya membayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti lampu LCD yang rusak, belum lagi kalau sevicenya lama dan banyak data di smartphone saya yang belum di-back up.

Berikut penampakan smartphone saya setelah 1 minggu terkena air

20170225_001106

Saat ini layar LCDnya sudah kembali normal dan dari kejadian ini saya sarankan untuk tidak coba-coba memasukan ke dalam air dan jika sudah terlanjur terkena air langsung matikan smartphonenya, buka semua katup dan tunggu sampai kering baru nyalakan kembali.

Advertisements

30 thoughts on “Xperia Z1 Compact: LCD mati setelah terkena air

    1. Saya matikan sekitar 3 hari dengan membuka semua katup dan taruh di ruangan ber-AC dan ga pake hair dryer, tapi itu belum bener-bener kering dan masih rada error, jadi saya matikan lagi dan tunggu sampai satu minggu. Setelah itu layar LCD saya sudah bisa nyala walau masih ada air di dalamnya, ini nanti bisa kering sendiri gan.

      Like

    1. Ini mati total gan? Punya saya LCDnya doang yang mati, semua mesin lainnya masih berfungsi jadi saat kena air langsung matiin hp-nya dan harus cukup bersabar tunggu 3-7 hari untuk nyalain lagi. Kalau masih mati sepertinya perlu dibawa ke tempat service atau bisa tanya dulu ke customer service sony (questions.id@support.sonymobile.com) mereka fast respon kok. Semoga membantu 🙂

      Like

  1. mohon bantuan nyaa gan

    hp sy kecemplung air setelah di angkat kondisi hp masih nyalaa tapi sy langsung cek kondisi hp ga ada masalah, setelah sy buka kameraa depan tiba2 si layar mati tapi menu tombol masih nyalaa, itu kira2 knpa yaa gan?
    apa mungkin lcd nya kena?

    terimakasih

    Like

    1. Mending handphonenya dimatiin dulu, ada kemungkinan airnya masuk gan. Jadi tunggu kering dulu aja biar ga tambah parah rusaknya. Dulu LCD saya sempat mati, tapi setelah saya diamkan sampai seminggu akhirnya nyala lagi.

      Like

  2. Gan hape sy sony z3+ kerendem air ujan
    ngga bisa dibuka katupnya
    terus sy hair dryer smp panas
    lcd nya aja yg ngga mau idup tp msh bs sensor layarnya
    itu gpp gan?
    Sempet sy charge…mau dia ngecharge
    tp tetep item layarnya
    baiknya gmn gan?

    Like

    1. Sebaiknya ditunggu sampai kering saja baru dicharge dan tidak disarankan pakai hair dryer. Kalau layar LCDnya masih tidak nyala ada kemungkinan konslet, untuk lebih jelasnya agan bisa tanya langsung ke customer servicenya Sony (questions.id@support.sonymobile.com).

      Like

  3. Iphone saya ketampesan air, semuanya masih normal tapi layarnya seperti ada airnya, hampir mirip hp kamu yg ada di foto. Apa yg seharusnya saya lakukan?

    Like

  4. Samaan nih gan. Bedanya saya pakai z3 big. Biasanya saya pakai renang ga ada kendala tp berhubung kondisi hp panas (ga tau kenapa) langsung di cemplungin. Awalnya kamera ngembun tp malah bluetooth, wifi, tethering, dan LCD ikutan kena. Kira2 harus di diamkan di dalam beras kah gan? Tks

    Like

  5. Masalah sama sdh lsng dbwa ke tkng servies blngnya lampu ic mati n sparepartnya langka dbawa ke sony biaya sekitar 2jt n akhirnya skrng hny tergeletak klau kangen sm hpnya hrs di senter’i biar kelihatan.. 😥😥

    Like

      1. Hp saya z3 big gan….
        Saya cemplungin ke air ga masalah, terus saya angkat dan buat sosmed…trus layar kedip” dan mati tapi hp masih kondisi hidup
        Solusinya gimana gan

        Like

  6. M5 sy cuci di air ngalir, trus di lensa kamera dpn blkg ngembun, hp msh nyala tp layar kadang normal kadang gerak gerak sendiri dan kdg layar disentuh diam aja… Knp dan gmn solusinya ya bro…

    Like

  7. punya saya m4 aqua dr beli gk prnh coba masukin air. berhubung sudah agak bosen akhirnya saya coba n trnyata sudah tdk rapet. awalnya tiba2 flash nyala sndiri trus lgsg tak angkat dan lcd buret2 trus tak mati.in g lama tak hidupin eh uda normal tp kedip2 trus d lcd bnyk air dan aq kentrok2 biar airnya kluar. skrg saya taruh di beras. gmn menurut anda?

    Like

  8. artikel ini sgt membantu hp sya z5 global mengalami persis kejadian kya agan,stlh sy celup gk trjadi ap2 tp stlh it lngsng sy pakai buat main pubgmobile lama kelamaan tombol voleme kepencet sendiri sy brhnti main game dn sy keringkan sbntr mlh lcd sy kedap kedip dan akhrnya blank hitam to mesin msh bisa dan ttp getar klo di hidupkan,ne lg proses pengeringan smoga bs normal kmbli…mksh artikelnya gan

    Like

  9. hp saya z3plus tiba² layar mati tapi mesin madih normal ku bawa ke tmpat servis udah di ganti lcd baru juga masih gak mau nyala bisa nyala tp ber garis dan redup mesin msih saja normal itu gmna solusinya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s